Mengenal Photography


Foto atau fotografi bersal dari bahasa Inggris photography, yang berasal dari kata Yunani yaitu “photos” : Cahaya dan “Grafo” : Melukis/menulis), Jadi Pengertian Photograhy itu sendiri adalah proses melukis/menulis dengan menggunakan media cahaya. Sedangkan pengertian photography secara kamus bahasa Indonesia adalah seni atau proses penghasilan gambar dan cahaya pada film. yaitu “menulis atau melukis dengan cahaya”
            Sedikit Sejarah Tentang Photography, Pada tahun 1822, Joseph Nicéphore Niépce membuat foto Heliografi yang pertama dengan subyekmya adalah Paus Pius VII, pada saat itu fotografi sangat sederhana hasilnya karena menggunakan proses heliografik. Salah satu foto yang bertahan hingga sekarang dibuat pada tahun 1825.
Kemudian pada tahun 1835, William Henry Fox Talbot menemukan proses fotografi yang baru dan lebih canggih. Dan pada tahun 1907 seorang yang bernama Autochrome Lumière menemukan fotografi berwarna untuk pertama kalinya. Hingga sampai saat ini mesin foto mengalami perkembangan hingga adanya foto digital seperti sekarang.

Pengenalan Alat Photograpy
            Alat fotografi adalah alat yang akan digunakan untuk mengabadikan sebuah moment atau pun mengambil gambar, adapun alat – alat fotografi yang perlu kita kenal sebelum melangkah menjadi Photografer, Yaitu :

1.      Kamera
Pengertian Kamera itu Sendiri adalah Sebuah alat untuk mengambil sebuah gambar, kamera pada dasaranya hanya sebuah alat yang berguna untuk menangkap cahaya melalui sensor camera, cahaya yang masuk akhirnya diterjemahkan oleh sensor tersebut menjadi sebuah gambar.


2.      Lensa Kamera
            Pengertian Lensa Kamera adalah Sebuah Alat pendukung Kamera yang berfungsi untuk mempermudah dalam pengambilan gambar, misalkan objek yang mau kita ambil jarak nya sdikit jauh maka kita bisa menggunakan lensa dengan lensa yang panjang ( misal 18-105mm,, 50-200mm, 70-300mm), Adapun Lensa yang standart itu 18-55mm.


3.      Lampu Flash/Lighting
            Lampu Flash adalah  sebuah alat pendukung kamera apabila objek atau suasana di sekitar objek itu kurang cahaya/gelap, maka kita bisa mengunakan lampu flash untuk memaksimalkan cahaya agar mendapatkan hasil yg maksimal, Adapun beberapa lampu flash internal dan eksternal,
-          Lampu Flash Internal, lampu flash yang terdapt pada kamera dengan kemampuan yang standart
-          Lampu Flash Eksternal, lampu flash diluar dari flas yg terdapat pada kamera, dengan kemampuan yang lebih baik dibandingkan dengan flash internal kamera untuk menambah pencahayaan, miasalkan lampu flash bentuk payung, softbox,blitz,dll


4.      Tripod
            Tripod merupakan sebuah alat yang diperlukan untuk  membantu photografer dalam pemotretan dengan kecepatan lambat. Pada kecepatan lambat, menghindari goyangan kamera jika dipegang dengan tangan (handheld).



5.      Triger
            Triger ini berfungsi untuk membantu photographer mengkoneksikan kamera dengan flash/lighting sebagai pemicu agar flash menyala walaupu posisi flash tidak terpasang pada kamera.



Sumber:
http://studioamifoto.blogspot.com/2013/02/mengenal-dasar-dasar-fotografi.html
http://rosikafajar.wordpress.com/2011/09/28/mengenal-photography/
http://www.google.com/

0 comments:

Posting Komentar