Lingkungan bisnis yang
mempengaruhi etika adalah lingkungan makro dan lingkungan mikro. Lingkungan
makro yang dapat mempengaruhi kebiasaan yang tidak etis yaitu bribery,
coercion, deception, theft, unfair dan discrimination. Maka dari itu dalam
perspektif mikro, bisnis harus percaya bahwa dalam berhubungan dengan supplier
atau vendor, pelanggan dan tenaga kerja atau karyawan.
Etika bisnis tidak bisa
terlepas dari etika personal, keberadaan mereka merupakan kesatuan yang tidak
terpisahkan dan keberadaannya saling melengkapi. Istilah etika bisnis
mengandung pengertian bahwa etika bisnis merupakan sebuah rentang aplikasi
etika yang khusus mempelajari tindakan yang diambil oleh bisnis dan pelaku
bisnis.
Beberapa faktor yang mempengaruhi harapan publik (etik) pada lingkungan
bisnis :
- Physical Kualitas
dari udara dan air terjaga
- Moral Keinginan
bersikap adil
- Financial malfeasance
Banyaknya perbuatan yang memalukan (skandal)
- Economic Kesalahan
memberikan dorongan untuk bangkit
- Competition Tekanan
dan dorongan global
- Bad judgement
Kesalahan operasi, keringanan bagi kalangan eksekutif
- Activist stakeholders
Etika investor, pelanggan dan lingkungan
- Synergy Perubahan
yang sukses
- Institutional
reinforcement Hukum baru
Sumber:
http://rilladepiputri26209421.blogspot.com/2012/10/babii-perilakuetika-dalam-bisnis-11.html
http://erma123.blogspot.com/2013/10/lingkungan-bisnis-yang-mempengaruhi.html
0 comments:
Posting Komentar